Just another free Blogger theme

Minggu, 24 Juli 2011


Untuk sebagian penghobi fotografi, motret objek yang kecil-kecil (Makro) merupakan suatu tantangan tersendiri, apalagi foto yang dihasilkan cukup memuaskan. Namun untuk memotret objek yang sangat kecil memerlukan alat/lensa khusus (Lensa Makro), yang harganya pun juga cukup mahal bagi penghobi seperti saya. Namun teman-teman tidak perlu kawatir, karena ada beberapa trik untuk penghobi fotografi yang punya modal paspasan ato "mekso" seperti saya (kata teman saya).
Ada yang namanya tehnik Reverse Lens, yaitu dengan memasang lensa terbalik. Pembesaran yang dihasilkan sangat luar biasa, untuk jarak antara objek dengan lensa bisa diatur dengan Focal Lenght, semakin panjang Focal Lenght yang kita gunakan semakin jauh pula jarak objek dengan lensa kita, kalau ingin mendapatkan croping yang sangat ekstrim ya taruh aja Focal Lenght di angka 18mm, DOF yang dihasilkan pun sangat tipis, jadi agak susah dalam penggunaannya, dibawah ini saya sertakan foto-foto urutan dalam memotret makro dengan menggunakan lensa yang dipasang terbalik:

1. Tentukan Focal Lenght yang akan digunakan.

2. Temukan tuas diafragma untuk mengatur DOF (Nikon).

3. Tekan tuas diafragma.

4. Tempelkan Lensa pada Body Kamera dengan posisi terbalik.

5. Siap bertempur deh.....



*NB: Trik untuk Reverse Lens yang tanpa biaya ini, setiap kamera mempunyai trik yang berbeda, yang saya paparkan ini adalah khusus untuk yang menggunakan Kamera Nikon, mungkin yang tahu trik Reverse Lens yang menggunakan Kamera selain Nikon bisa menyusul nanti.
Selamat Mencoba....!!! 



ini salah satu hasilnya....
no crop, sayangnya lupa, ini pakai Focal Lenght berapa

*NB Lagi: Maaf kalo tulisannya agak susah dimengerti, maklum gak biasa nulis, jadi ya pake bahasa warung kopi aja....... hehehehehe....................

Semoga tetap bermanfaat....





*Publikasi ulang tulisan dan foto didalam blog ini,  diperbolehkan dengan syarat mencantumkan link hidup yang jelas dan bisa di klik oleh pembaca ke tulisan dan foto yang menjadi sumber (bukan ke arah homepage), dan tidak untuk kepentingan komersial.


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda menyukai tulisan ini, silahkan berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Thanks.