Just another free Blogger theme

Rabu, 28 November 2012

Saat ini Dunia Digital berkembang begitu cepat, mungkin hampir setiap hari muncul alat-alat digital baru, contohnya saja dalam bidang fotografi. Saat ini kamera sudah seperti barang wajib yang harus dipunyai setiap orang, meskipun hanya kamera Digital Pocket.
Bahkan kamera DSLR pun, yang dahulu terkesan hanya Fotografer Profesional yang mempunyai, namun sekarang sudah mulai banyak masyarakat umum yang memegang kamera DSLR (meskipun "mungkin", arti DSLR itu sendiri tidak tahu) seperti saya, hehehehe..........
Meskipun kamera DSLR lebih canggih dari pada kamera Digital Pocket, namun hasilnya belum tentu lebih bagus kalau si pemegang kamera DSLR tersebut tidak memahami dasar-dasar fotografi. Salah satunya tentang komposisi, kalaupun kamera yang kita pegang adalah kamera DSLR yang sangat canggih, namun kita tidak memahami tentang komposisi foto, mungkin hasilnya sebanding dengan yang hanya menggunakan Kamera Pocket.
Salah satu komposisi dasar yang menurut saya sangat berguna adalah Rule of Thirds.

Contoh garis bantu untuk mengatur ulang komposisi Foto.
Titik titik pertemuan antara garis horisontal dengan garis vertikal.
Apabila kita kurang memperhatikan komposisi foto ketika memotret, foto kita akan terkesan hambar, terkesan statis / simetris. Tapi juga perlu diketahui juga, bahwa tidak selamanya foto yang statis / simetris itu foto yang salah / jelek, karena Seni adalah rasa, tidak memiliki patokan tertentu.
Rule of Thirds adalah komposisi yang cukup sederhana namun mampu menghasilkan foto yang cukup menarik. Pada prakteknya, Rule of Thirds adalah membagi bidang gambar menjadi 3 bagian, yang menghasilkan titik-titik pada pertemuan garis vertikal dan horisontal. Kita dapat menempatkan objek foto pada titik-titik tersebut. Rule of Thirds sebenarnya untuk menghindari komposisi simetris yang terkesan membosankan.

Contoh pengaplikasian Rule of Thirds pada sebuah foto.

Contoh Komposisi yang statis pada sebuah foto.







Silahkan diperhatikan dan direnungkan, menurut anda contoh foto diatas lebih menarik komposisi yang mana...
Selamat berkreasi...!!!

Categories: , ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda menyukai tulisan ini, silahkan berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam. Thanks.